Konfigurasi Browser Firefox

Mempercepat koneksi internet dan optimized browser Firefox bisa anda lakukan dengan meng-akses about:config. Apa itu about:config ? seperti halnya registry pada sistem operasi Windows (jangan tanya apa itu registry :p) , anda bisa merubah apapun di browser ini jika anda menguasai betul tentang semua key yang ada disitu. Untuk meng-aksesnya anda tinggal ketik about:config di address bar. Setelah itu akan muncul warning seperti ini.
Jika anda menggunakan koneksi broadband (atau diatasnya), anda bisa mengaktifkan fungsi pipelining untuk mempercepat page loads browser firefox anda.

Cari key di about:config kemudian rubah nilainya.
- network.http.pipelining ubah ke true
- network.http.proxy.pipelining ubah ke true
- network.http.pipelining.maxrequests (Jika anda rubah ke semisal angka 25, berarti browser akan membuat 25 request sekaligus)

- Klik kanan, kemudian klik New -> Integer kemudian isi dengan nama nglayout.initialpaint.delay dan isikan nilainya 0. (Ini adalah waktu tunggu untuk browser)
- Cari key browser.cache.disk.capacity. Nilai default untuk key ini adalah 50000. Ubah ke angka 15000 jika anda memiliki memori 512 sampai dengan 1 Gb, atau lebih rendah jika memiliki memori kurang dari 512 Mb dan sebaliknya. Ini adalah key untuk mengatur penggunaan memori Firefox.
- Klik kanan, kemudian klik New -> Boolean isi dengan nama config.trim_on_minimize kemudian set ke True. Hal ini akan menyebabkan alokasi memori untuk Firefox akan dipindah ke memori virtual ketika posisi minimized
- Klik kanan, kemudian klik New -> Boolean isi dengan nama extensions.checkCompatibility dan buat lagi dengan nama extensions.checkUpdateSecurity, keduanya isi dengan nilai  False. Key ini digunakan agar anda bisa meng-install semua plug-in pada semua versi Firefox.

Nb: Restart firefox untuk melihat perubahan.